Hasil Curian Terbaik

Suatu malam, ada seorang pencuri memasuki rumah seorang alim tabi’in, Malik bin Dinar rahimahullah. Namun ia tidak mendapatkan apa-apa untuk dicuri. Sementara Malik sedang shalat malam dan mengetahui kehadiran pencuri tersebut. Lalu Malik mempersingkat shalatnya. Setelah salam, beliau menyambangi pencuri tersebut dan berkata, ”Wahai saudaraku, semoga Allah membimbingmu. Anda memasuki rumahku namun tidak mendapatkan apa-apa untuk dibawa, dan saya tidak ingin Anda keluar dengan tangan hampa.”

Lalu beliau menyodorkan air kepada pencuri tersebut dan berkata, ”Berwudhulah dan shalatlah dua rekaat, niscaya Anda akan pulang membawa sesuatu yang berharga.”

Pencuri itu berkata, ”Baik, terimaksih.” Ia pun berwudhu dan shalat dua rekaat. Setelah selesai shalat, pencuri itu berkata, ”Wahai Malik, apakah Anda mengijinkan aku untuk menambah shalat dua rekaat lagi?” Malik berkata, ”Tambahlah sesuai dengan apa yang Allah mampukan untuk Anda.” Pencuri itu terus berada dalam shalatnya hingga menjelang Shubuh.

Malik berkata, ”Pergilah dalam keadaan baik.” Pencuri itu berkata, ”Tuan, apakah Anda mengijinkan aku untuk tinggal bersama hari ini? Karena saya berniat untuk menjalani shaum hari ini.” Malik menjawab, ”Tinggallah di sini sesukamu.” Lalu ia tinggal bersama Malik bin Dinar selama beberapa hari, ia juga shalat di malam hari dan shaum di siang harinya.
Tatkala ia hendak pergi, ia berkata, ”Wahai Malik, saya ingin taubat dengan sungguh-sungguh” Malik menjawab, ”Itu semua di tangan Allah!” Akhirnya pencuri itu bertaubat, dan bagus taubatnya.

Tatkala ia bertemu dengan mantan temannya yang juga seorang pencuri, ia ditanya, ”Bagaimana hasilnya, saya rasa kamu mendapat banyak harta.” Ia menjawab, ”Wahai temanku, aku mendatangi rumah Malik untuk mencuri (harta)nya, tapi justru dia yang akhirnya mencuri (hati)ku. Sekarang aku sudah bertaubat kepada Allah.” (Mukhtaraat wa Lathaif, Abdul Malik al-Qaasim)

Sumber: Majalah ar-risalah Edisi 124

, , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: